Ternyata Bersih-Bersih Itu Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Kita

Tidak suka bersih-bersih? Sebagian mengatakan bahwa bersih-bersih adalah kegiatan yang tidak ada gunanya, bersih-bersih mulai cuci piring, nyapu lantai, sampai dengan cuci baju adalah kegiatan yang hanya cocok bagi seorang pembantu atau paling tidak untuk ibu rumah tangga yang memang tidak memiliki pekerjaan selain itu bersih-bersih adalah kegiatan kotor sehingga dianggap dapat mengganggu kesehatan. Tentu saja anda salah!! Percaya atau tidak bersih-bersih dapat menunjang kesehatan kita, bersih-bersih walaupun dianggap sebagai pekerjaan yang kotor ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Sejumlah manfaat Bersih-bersih adalah dapat membakar kalori kita, meningkatkan kosentrasi kita, menghindarkan kita dari stres, dan juga kita bisa jadikan kegiatan ini sebagai ajang kemarahan kita hehehe..
Bisa dilihatkan dari keterang diatas, jadi jangan pernah khawatir kalau bersih-bersih akan membuat kita mudah sakit karena bersentuhan dengan debu dan kotoran yang lain, karena pada kenyataanya belum pernah ada orang yang sakit karena kegiatan bersih-bersih.
Untuk anda yang tidak suka dengan kegiatan bersih-bersih kayaknya perlu dipertimbangkan, berikut ini beberapa penjelasan yang bisa anda jadikan alasan untuk menyukai kegiatan bersih-bersih.
Menurunkan berat badan
Kegiatan bersih bersih seperti nyapu, mengepel, atau membersihkan selokan ternyata dapat membakar kalori pada tubuh sebesar 300 kalori perjam, untuk kegiatan membersihkan kamar mandi. Pembakaran kalori sebesar itu tentu saja sangat membantu untuk menurunkan berat badan karena berat badan yang berlebih disebabkan utamanya oleh kandungan kalori berlebih pada tubuh.
Mengurangi stres
Menurut penelitian kondisi lingkungan yang kotor, kacau dan tidak rapi memiliki peranan terhadap tingkat stres kita, lingkungan yang tidak bersih dapat meningkatkan tingkat stres kita. Kegiatan bersih-bersih sendiri merupakan kegiatan yang melibatkan gerak pada tubuh. Sehingga hampir sama dengan olahraga, oleh karena itu memiliki manfaat yang sama dengan olahraga yaitu menghindarkan kita dari stres.
Menghindari alergi
Untuk diketahui beberapa orang menjadi alergi terhadapa lingkungan yang tidak bersih, beberapa orang akan bersin-bersin karena menghirup debu atau bau yang tidak sedap dikarenakan kondisi lingkungan yang tidak bersih. Beberapa kasus alergi dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit sehingga iritasi, dan juga dapat menyebabkan iritasi mata. Kegiatan membersihkan sprei, kasur, wastafel, kloset, bak mandu dll sangat berguna untuk melindungi kita dari alergi.
Meningkatkan kosentrasi
Kegiatan bersih-bersih yang dilakukan sangat banyak, sering pada satu waktu kita melakukan kegiatan bersih-bersih banyak kegiatan yang kita lakukan seperti membersihkan lantai, membersikan kamar tidur, membersihkan kamar mandi. Hal ini melatih kosentrasi kita untuk menyelesaikan banyak kegiatan dalam satu hari, secara otomatis kita berlatih menyelesaikan kegiatan sesuai dengan jadwal, dengan runtutan yang sudah kita susun, dan kita harus menyelesaikan tugas atau kegiatan bersih-bersih satu per satu karena kita tidak mungkin menyelesaikan beberapa kegiatan secara bersamaan. Menyelasaikan beberapa kegiatan secara bersamaan merupakan kegiatan multitasking, kalau dilihat multitasking itu keren dan hebat padahal sebaliknya multitasking merupakan petanda buyarnya kosentrasi.
Meningkatkan kepedulian kita ke lingkungan
Dengan kegiatan bersih-bersih kita menjadi lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan dari lingkungan. Tingkat kesehatan kita adalah cerminan kepedulian dan kesadaran kita terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita. Semakin kita menghargai kebersihan dari lingkunngan kita makan secara tidak langsung kita memiliki tingkat kesehatan yang baik, tidak mudah terserang berbagai serangan penyakit. Kita juga lebih peduli terhadap kesehatan kita, membuat kita rajin-rajin menjaga kesehatan kita walaupun tidak dalam kondisi sakit.

Leave a reply "Ternyata Bersih-Bersih Itu Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Kita"

No related post!