Selain Voucher Diskon Belanja, Ini Strategi Marketing yang Bisa Diaplikasikan di Toko Online

Ketika Anda memutuskan untuk membangun dan mengembangkan sebuah usaha misalnya membuat toko online, maka ada 1 hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu marketing atau pengiklanan. Saat ini dengan semakin majunya jaman dan internet, marketing tidak hanya bisa dilakukan secara offline namun juga menggunakan cara online. Cara yang paling banyak digunakan agar bisa menarik pembeli untuk datang, tahu barang dan membeli barang yang Anda jual tersebut adalah dengan menggunakan voucher diskon belanja.

promo-bukalapak-664x356

Voucher potongan harga tersebut sangat diburu oleh pembeli karena bisa digunakan untuk berbelanja dengan biaya yang lebih hemat sehingga bisa membeli barang yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya jika tanpa voucher. Marketing dengan menggunakan voucher sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Diskon influencer dimana Anda bekerja sama dengan pihak yang berpengaruh untuk usaha Anda dan bisa menggunakan jaringan pribadi dari orang tersebut untuk memberikan penawaran eksklusif agar bisa mendapatkan diskon tersebut.
  • Potongan harga yang diberikan di sosial media. Misalnya hanya diberikan kepada konsumen yang mengikuti akun sosial media resmi yang dimiliki oleh toko Anda.
  • Voucher untuk para subscriber. Anda bisa memberikan voucher khusus hanya untuk para pelanggan website Anda. Namun, pastikan lebih dahulu jika Anda punya toko online sendiri sehingga Anda bisa lebih mudah untuk mengelola dan memberikan voucher tersebut.

Selain cara tersebut, voucher potongan harga yang bisa diberikan kepada konsumen bisa juga dilakukan lewat aplikasi. Maksudnya adalah voucher belanja tersebut hanya bisa digunakan oleh para konsumen yang membeli atau berbelanja dengan menggunakan aplikasi toko online tersebut. Untuk bisa menggunakan voucher tersebut maka mau tidak mau konsumen harus mengunduh aplikasi tersebut dan menginstalnya di gadget yang dimiliki. Voucher diskon belanja yang diberikan untuk konsumen tersebut bisa diberikan per minggu, per bulan atau untuk waktu tertentu.

Untuk marketing online shop yang Anda miliki, Anda tidak harus memberikan voucher potongan harga namun bisa juga dengan cara yang lainnya. Pertama adalah dengan menggunakan penawaran gratis ongkos kirim. Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para pembeli online adalah harus membayar ongkos kirim. Dengan adanya ongkir tersebut dengan batas minimal pembelian membuat konsumen Anda bisa membeli dengan batas minimal yang diberikan atau bahkan lebih besar untuk mendapatkan gratis ongkos kirim. Jika selama promo gratis ongkos kirim tersebut konsumen Anda puas dengan pelayanan dan juga barang yang dibeli, bisa membuat Anda mendapatkan pelanggan baru.

Kedua adalah memberikan hadiah tambahan. Untuk pemberian hadiah tambahan ini, bisa diskusikan dahulu dengan tim Anda sehingga nantinya ketika Anda melakukan strategi marketing ini, toko Anda tidak merugi. Pemberian free gift bisa diberikan di hari tertentu dengan jumlah yang terbatas. Dengan menggunakan strategi ini, konsumen akan berlomba untuk membeli barang yang Anda tawarkan tidak hanya berguna untuk membuat konsumen membeli barang Anda namun juga untuk menjadi pelanggan tetap Anda.

Ketiga adalah memberikan voucher diskon belanja sesuai dengan event khusus. Misalnya harbolnas. Di hari belanja online nasional tersebut, Anda bisa memberikan voucher belanja dimana konsumen Anda bisa mendapatkan potongan harga sebesar voucher yang diberikan tersebut. Tujuan dari pemberian voucher ini tidak hanya agar konsumen membeli barang namun juga agar konsumen selalu menantikan event khusus tersebut untuk membeli barang yang dibutuhkan atau diinginkan.

 

Leave a reply "Selain Voucher Diskon Belanja, Ini Strategi Marketing yang Bisa Diaplikasikan di Toko Online"