Reksadana Online Pasar Uang, Apakah Lebih Menguntungkan Dibandingkan dengan Deposito?

Berinvestasi merupakan hal yang harus dilakukan agar bisa membuat keuangan menjadi semakin baik. ada begitu banyak instrumen investasi sekarang ini membuat kita bingung untuk menentukan, mana investasi yang tepat untuk melindungi harta kekayaan Anda. biasanya, banyak orang memilih melakukan investasi dengan aman, agar menghindari kerugian dan mempengaruhi finansial pribadinya. Deposito merupakan pilihan yang paling banyak. di dalam deposito, uang kita benar-benar aman karena dijamin LPS. Tetapi, dalam dunia investasi terdapat istilah semakin besar resiko semakin besar keuntungannya. Lantas pilih investasi reksadana online atau deposito?

Investasi-untuk-Anda-yang-Keluarga-Muda-atau-Baru-Menikah-02-Finansialku

Investasi berbentuk reksadana adalah investasi yang dilakukan oleh perusahaan reksadana. Proses investasi ini cukup mudah karena yang perlu Anda lakukan ialah mengumpulkan sejumlah uang serta memberikannya pada manajer investasi untuk diinvestasikan di pasar uang. Jumlah uang yang diberikan akan dikonversi dalam bentuk unit reksadana, jumlah uang ini disebut NAB. Peningkatan maupun penurunan harga satuan unit bergantung pada keuntungan atau kerugian yang dilakukan manajer investasi Anda dan kondisi keuangan yang berada di dalam dan luar negeri. Seperti yang telah dikatakan, dalam reksadana pasar uang, Anda mempunyai seorang manajer investasi. Manajer investasi merupakan orang yang melakukan perputaran dana Anda. dalam hal ini manajer investasi akan memutarkan uang di pasar uang agar memperoleh keuntungan.

Reksadana online pasar uang adalah jenis investasi yang lebih aman dibandingkan dengan jenis investasi reksadana lain. Namun pastinya keuntungan dari reksadana pasar uang ini paling kecil dibandingkan dengan yang lain. Walaupun demikian, investasi reksadana ini lebih baik dibandingkan dengan deposito.

Berikut beberapa hal yang membuat reksadana pasar uang ini lebih menarik dibandingkan dengan deposito, antara lain:

  • Keuntungan yang lebih tinggi. saat melakukan investasi deposito, jumlah keuntungan yang akan diperoleh sudah pasti dan suku bunga berkisar 4% hingga 6%. Padahal, ketika kita melakukan investasi reksadana pasar uang, kita dapat memperoleh keuntungan yang cenderung lebih besar. Reksadana pasar uang bukan hanya berpaku pada sejenis produk investasi sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan yang besar,
  • Jumlah minimal investasi yang lebih rendah. Saat melakukan investasi reksadana pasar uang, kita hanya memerlukan modal rendah Rp 100 ribuan saja. Modal yang kecil ini akan memudahkan Anda untuk memulai investasi karena modal yang dibutuhkan tidak banyak serta tidak terdapat perbedaan return antara modal kecil dan besar,
  • Pengambilan dana lebih fleksibel. Seperti yang kita ketahui, bila melakukan investasi dengan deposito, dana yang ditaruh tidak bisa diambil seenak kita. Terdapat jangka yang harus terpenuhi sebelum uang dapat diambil tanpa dikenai denda.

Poin di atas adalah kelebihan dari reksadana pasar uang dibandingkan dengan deposito, tetapi segala sesuatu pasti terdapat sisi negatif dan positif, untuk sisi negatifnya, melakukan investasi reksadana pasar uang ini beresiko. Ketika kita melakukan investasi ini, MI atau manajer investasi akan melakukan perputaran uang di dunia pasar uang, sudah pasti resiko tempat perputaran adalah wanprestasi tetap ada. Bila hal tersebut terjadi, Anda bisa mengalami kerugian

Berdasarkan seluruh ulasan reksadana online pasar uang dan deposito di atas dapat Anda pahami, memang reksadana lebih beresiko dibanding dengan deposito, tetapi dengan resiko yang bisa dikatakan rendah ini, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan berinvestasi hanya menggunakan deposito. Hal yang paling penting ketika melakukan investasi adalah pandai melihat situasi keuangan serta cerdas untuk menentukan pilihan.

 

Leave a reply "Reksadana Online Pasar Uang, Apakah Lebih Menguntungkan Dibandingkan dengan Deposito?"