Panduan Singkat dalam Memilih Pipa PVC

Rumah adalah sebuah bangunan untuk berlindung dan berteduh. Setelah Anda lelah beraktifitas di luar, rumah berfungsi sebagai tempat kembali yang aman dan nyaman. Karena fungsinya tersebut, rumah harus memiliki material yang kuat dan teruji kualitasnya. Pemilihan material yang tepat, akan menjadi komponen penting untuk mendukung jalannya instalasi perumahan. Mulai dari instalasi kelistrikan, saluran air, sampai ke saluran pembuangan. Rumah yang Anda tempati akan terganggu kenyamanannya, jika Anda mengabaikan salah satu dari instalasi tersebut.

Harga-Pipa-PVC-Terbaru

Dalam instalasi saluran air, penggunaan pipa sangat diperlukan untuk berbagai keperluan, seperti menyalurkan ketersediaan air bersih dan saluran pembuangan. Dalam artikel ini, Anda akan membaca beberapa tips tentang cara memilih pipa sesuai kebutuhan saluran air di rumah Anda.

Berdasarkan fungsinya, Anda memiliki dua pilihan jenis pipa untuk menyalurkan air bersih di rumah Anda, yaitu pipa PVC dan pipa galvanis. Keduanya adalah jenis pipa yang sama-sama bisa Anda gunakan untuk instalasi saluran air.

Tetapi, mengapa harus pipa PVC?

Jawabannya adalah karena pipa PVC memiliki kualitas yang cukup kuat dan jauh lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan pipa galvanis. Pipa galvanis, cocok Anda terapkan di rumah bagian luar ruangan. Itu dikarenakan pipa galvanis terbuat dari besi, sehingga akan lebih tahan terhadap serangan cuaca dan berbagai benturan. Sedangkan untuk saluran air di dalam rumah, menggunakan pipa PVC sudah cukup untuk menjawab kebutuhan saluran air bersih di rumah Anda.

Lalu, bagaimana caranya memilih pipa PVC yang berkualitas baik?

Sekalipun saat ini ada begitu banyak merek pipa PVC yang dapat Anda temukan di pasaran, namun tidak semuanya memiliki faktor keamanan yang baik. Cara paling mudah adalah dengan melihat daftar harga dari suatu merek pipa. Jika merek tersebut berstandard BSN (Badan Standardisasi Nasional), maka pada daftar harga merek pipa akan mencantumkan tekanan kerja yang dimiliki oleh merek pipa PVC tersebut. Setiap produsen pipa PVC yang berstandard BSN, akan selalu melakukan pengujian terhadap hasil produksinya sebelum didistribusikan pada konsumen. Maka, salah satu cara mudah dalam menentukan kualitas pipa adalah dengan mengecek daftar harga pipa yang dijual di toko tersebut.

Tipe-tipe pipa PVC

Dengan memahami dan mengetahui karakteristik dari tipe-tipe pipa PVC, akan membantu Anda untuk memilihnya secara tepat. Apalagi jika pipa yang Anda beli akan ditanam, sehingga apabila terjadi kesalahan atau kebocoran pasti akan sangat menguras waktu dan uang Anda.

Berikut tipe-tipe pipa PVC beserta penjelasan singkatnya:

  1. Pipa PVC type AW

Termasuk jenis pipa paling tebal yang mampu menahan tekanan sampai 10kg/cm2. Biasanya baik digunakan untuk pemasangan pompa air, terutama untuk bagian penghisapan dan saluran air ke kran air.

  1. Pipa PVC type D

Pipa ini memiliki tingkat ketebalan sedang dan mampu menahan tekanan sekitar 5 kg/cm2. Pipa PVC type D cocok untuk saluran pembuangan dan limbah.

  1. Pipa PVC type C

Pipa jenis ini termasuk tipe pipa yang paling tipis ketebalannya. Biasanya digunakan untuk saluran pembuangan yang tidak membutuhkan tekanan. Pipa jenis ini kurang baik, sehingga sering dipakai sebatas untuk pelindung, seperti pelindung kabel listrik.

Semoga artikel ini dapat berguna bagi Anda, untuk menjadi panduan dalam memilih Pipa PVC. Pilih dan tempatkanlah pipa dengan bijak sesuai dengan kebutuhan instalasi air di rumah Anda.