Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan Kita

Walaupun akhir-akhir ini saya sendiri sudah jarang sekali menemukan jeruk bali, tapi saya yakin penggemar jeruk bali masih sangat banyak.Jeruk bali merupakan jeruk yang memiliki bentuk bulat besar jauh lebih besar daripada buah jeruk biasa. Jeruk bali juga memiliki kandungan daging yang lebih banya dibandingkan dengan jeruk biasa. Kalau jeruk biasa memiliki rasa yang cenderung manis kecut maka jeruk bali memilki rasa manis pahit. Daging jeruk biasa berwarna oranye sedangkan jeruk bali memiliki warna merah. Sampai saat ini penulis tidak tahu apakah jeruk bali memang benar-benar dari bali. Tapi yang jelas jeruk bali memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan kita. Tidak kalah dengan jeruk biasa, jeruk bali memiliki kandungan vitamin A, E, C, kalsium, magnesium  dan juga antioksidan likupin dan beta-karoten berguna untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit berbahaya terhadap tubuh kita. Jeruk bali berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit tercatat jeruk bali mampu mambantu kita untuk mencegah penyakit jantung, penyakit, kanker, kulit, dan obesitas. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah bebarapa manfaat dari jeruk bali.

Mencegah penyakit jantung
Dalam satu penelitian disebutkan buah jeruk dapat menurunkan kandungan kolesterol jahat LDL pada tubuh, penumpukan kolesterol LDL dalam darah akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan akan berujung ke serangan penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam buah jeruk juga mampu menurunkan kandungan trigliserida penyebab gangguan peredaran darah dalam tubuh.
Mencegah stroke
Buah jeruk bali berguna untuk menurunkan resiko penyakit kanker, hal ini sudah dibuktikan pada banyak penelitian. Jeruk bali memiliki kandungan flavonoid yang sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam satu penelitian dihasailkan bahwa orang yang cukup kandungan flavonoid dapat menurunkan potensi resiko kanker 19 persen lebih dibandingkan dengan merekan yang kekurangan flavonoid. Salah satu stroke yang dapat dicegah oleh flovonoid adalah jenis kanker iskemik, dan prostat.
Mencegah kanker
Dari berbagai penelitian jeruk bali secara efektif dapat menurunkan resiko serangan penyakit kanker, hal ini dikarekan jeruk bali memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, antioksidan yang terkandungan adalah beta-karoten dan likupin. Antioksidan pada jeruk bali berguna untuk mencegah terbentuknya berbagai macam radikal bebas dalam tubuh, radikal bebas sendiri merupakan salah satu penyebab kanker, diabetes dll.
Menjaga kesehatan kulit
Jeruk bali memiliki kandungan antioksidan vitamin C yang sangat berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, jeruk bali juga membantu untuk menjaga kulit dari berbagai serangan radikal bebas. Sehingga kulit akan tetap terlihat halus, dan tidak keriput. Jeruk bali juga membantu pembentukan kolage dalam kulit sehingga kulit tetap elastis. Jadi anda tidak perlu biaya yang mahal kalau hanya untuk mendapatkan kulit terlihat awet muda.
Menurunkan berat badan
Jeruk bali sangat berguna untuk menurunkan berat badan, karena buah jeruk memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, dalam 1000 gr jeruk bali hanya terdapat 30 kalori. Buah jeruk bali juga meninngkatkan resistensi insulin, sehingga dapat menurunkan berat bada secara signifikan. Dalam satu penelitian didapatkan bahwa makan jeruk bali sebelum makan ternyata sangat signifikan untuk menurunkan berat badan. Didapatkan juga  ternyata bau pada jeruk bali sangat efektif untuk menurunkan nafsu makan, maka tidak heran juga kalau makan jeruk bali sebelum makan sangat signifikan untuk menurunkan berat badan.

Leave a reply "Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan Kita"

No related post!