Kenali Asparagus Dan Manfaatbagi Kesehatan Kita

Tahu asparagus? Pernah makan asparagius? Sebagian besar mungkin akan menjawab tidak pernah karena asparagus sendiri kurang populer di Indonesia jika dibandingkan dengan sayuran yang lain seperti kangkung maupun bayam. Padahal asparagus merupakan jenis sayuran yang paling populer di Indonesia. Asparagus sudah ada dari jaman dulu, sejak jaman yunani 2500 tahun yang lalu sudah dijadikan sumber makanan. Sayuran yang berbentuk tankai ini sendiri juga sudah dianggap sebagai salah satu sumber makanan herbal oleh masyarakat yunani, asparagus selain sebagai sayuran pelengkap makanan juga sebagai bahan obat-obatan seperti untuk menymbuhkan sakit gigi.

Sebagai sayuran yang juga berfungsi sebagai obat herbal, Asparagus tentu memiliki berbagai macam nutrisi yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Asparagus sangat kaya akan vitamin K, vitamin C, seng, vitamin E, beta karoten, mangan, selenium. Selain itu Asparagus juga kaya akan asam amino dan mineral, karena kandungan nutrisi yang banyak dari asparagus, maka asparagus juga berguna untuk membantu kita menangkal atau menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kanker dan jantung.
Berikut ini adalah beberapa manfaat penting asparagus bagi kesehatan kita.
Mencegah pikun
Pada satu penelitian disebutkan asparagus mampu meningkatkan kemampuan koginitif manusia, hal ini tidak lepas dari kandungan B12 dan folat yang tinggi dimana meninkatka daya responsif dan fleksibilitas mental. Salah satu gejala penuaan sendiri adalah menurunnya kemampuan kognitif seseorang yang dapat menyebabkan pikun atau cepat lupa.
Menurunkan resiko serangan penyakit diabetes
Asaparagus memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat berguna untuk mengatur gula dalam darah, sehingga dapat menghindarkan kita dari tekanan darah tinggi yang pada akhirnya akan menyebabkana serangan penyakit diabetes tipe 2. Asparagus sendiri berfungsi untuk membantu tubuh menyerap insulin dengan baik, membantu sel beta bekerja optimal. Untuk diketahui sel beta merupaka sel yang terdapat dalam pankreas berfungsi untuk menyerap, menyimpan dan melepaskan insulin.
Menjaga pencernaan
Asaparagus sangat berguna untuk menunjang kesehatan pencernaan kita karena memiliki kandungan serat dan protein yang sangat tinggi, membantu usus untuk mencerna makanan dengan baik serta menghilangkan segala gangguan terhadap usus selama proses metabolisme berlangsung. Asparagus juga mengandung inulin yang sangat tinggi, inulin sendiri adalah makanan prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan dengan demikian asparagus juga berguna untuk menurunkan resiko kanker usus besar.
Menjaga kesehatan kulit
Asaparagus mengandung antioksidan yang sangat tinggi berguna untuk melindungii kulit dari berbagai macam serangan radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan dari kulit. Radikal bebas dapat dijumpai dari berbagai polusi seperti polusi udara. Asparagus juga melindungi kita dari sinar ultraviolet yang akan membuat kulit kita kering dan cenderung kusam. Dengan demikian asparagus akan membuat kulit kita tetap terlihat muda.
Menurunkan resiko penyakit kanker
Asparagus memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sangat berguna untuk menurunkan potensi serangan kanker. Antioksida pada asparagus akan menangkal berbagai serangan radikal bebas dan menghancurkan lemak jahat dalam tubuh. Asparagus sendiri selain membantu usus berfungsi secara optimal juga menghindarkan kita dari potensi serangan penyakit kanker usus besar.
Ada beberapa orang yang justru alergi dengan asparagus, diamana makan asparagus dapat menyebabkan gatal-gatal dll. Beberape penyakit justru tidak dianjurkan untuk makan asaragus, untuk itu perlunya saran dari dokter untuk mengkonsumsi asparagus jika memang memiliki penyakit tertentu.

Leave a reply "Kenali Asparagus Dan Manfaatbagi Kesehatan Kita"

No related post!