Cara Meminimalisir Kerusakan Jaket Motor dengan Perawatan yang Tepat Berdasarkan Bahannya

Tidak sedikit orang mempunyai hobi touring dari satu daerah ke daerah lainnya dengan berkendara bersama teman atau komunitas pencinta hobi yang sama. Dan untuk melakukan kegiatan tersebut setiap orang memerlukan beberapa perlengkapan untuk melindungi dirinya dari segala cuaca saat berkendara. Salah satunya adalah jaket motor yang berkualitas bagus, item tersebut merupakan yang paling penting karena baik dalam kondisi dingin ataupun panas memerlukan untuk melindungi tubuh. Beragam jenis jaket para bikers dijual dengan beragam model dan bahan dipasaran, Anda bisa menentukan sesuai dengan keinginan.

4256334_20131225082116

Dan untuk mendapatkan segala bentuk atau perlengkapan yang diperlukan untuk touring sekarang ini tidak perlu susah karena sudah ada toko online yang menyediakan beragam model dan aksesoris pendukung kegiatan berkendara Anda. Tetapi Anda tetap harus mengutamakan kualitas saat pembelian, jangan hanya tertarik pada model ataupun harga murah yang ditawarkan saja. Namun, yang paling penting lagi adalah melakukan perawatan dengan baik, karena jaket yang berkualitas bagus tidak akan terlihat bagus jika tanpa perawatan yang tepat.

Berikut ini ada beberapa cara pemeliharaan jaket yang tepat sesuai dengan bahan yang digunakan, yaitu:

1.Bahan kulit.

Yang pertama adalah jaket dengan bahan kulit, tidak jarang para bikers memilih bahan kulit asli karena lebih hangat dan melindungi tubuh dengan baik. Cara perawatan dari jaket kulit sendiri adalah dengan mengelapnya saja tanpa harus mencuci, jika memang terkena air hujan Anda bisa menjemur atau menggantungnya supaya terkena angin.

2. Bahan semi kulit.

Karena harga dipasaran jaket kulit sangat mahal tidak jarang masyarakat memilih jenis jaket semi kulit. Bahan yang berbeda menentukan cara perawatan yang berbeda pula, untuk hal ini Anda bisa mencoba pemeliharaan seperti halnya jaket kulit. Tetapi lebih dihindarkan pada bahan kimia seperti detergen atau lainnya yang dapat membuat jaket motor Anda rusak. Jenis kerusakannya pun berbeda-beda, mulai dari pecah-pecah, kaku, berjamur ataupun lainnya.

3. Bahan nilon.

Selanjutnya ada jenis jaket dari bahan nilon yang mempunyai cara perawatan berbeda pula, hindari pencucian bahan nilon pada jaket dengan mesin cuci. Karena lebih baik Anda cuci dengan tangan, bisa disikat tetapi jangan terlalu kasar sehingga dapat merusak tekstur dari jaket itu sendiri.

4. Bahan katun.

Kemudian ada juga jenis jaket yang terbuat dari katun, untuk membuat jaket dari katun mempunyai masa pakai yang lebih lama Anda bisa membersihkannya dengan mencuci secara manual ataupun menggunakan mesin cuci. Tetapi lebih baiknya secara manual dan dengan sikat yang lembut supaya tidak membuat jaket berbulu dan cepat rusak.

5. Bahan cordura.

Ini merupakan salah satu jenis jaket yang banyak digunakan masyarakat yang mempunyai hobi touring. Ciri khas pada jaket ini adalah pada sikutnya yang mempunyai lapisan atau jahitan hard protector. Untuk perawatannya tidak perlu dicuci menggunakan mesin cuci, Anda bisa menyikat pada bagian yang sekiranya kotor karena untuk bahan cordura sendiri termasuk bahan yang tahan dengan goresan.

Walaupun hobi berkendara di jalanan tidak ada salahnya Anda memilih jenis jaket yang sesuai supaya mendukung penampilan saat bermotor. Sebenarnya bagi Anda yang sedang memilih jaket motor yang terbaik itu terletak pada kenyamanan serta keamanan saat digunakan. Karena hal itu merupakan salah satu faktor pendukung Anda tetap aman selama berkendara, walaupun dalam jarak jauh sekalipun.

 

Leave a reply "Cara Meminimalisir Kerusakan Jaket Motor dengan Perawatan yang Tepat Berdasarkan Bahannya"