7 Tips Belajar Fotografi Bagi Pemula yang Membuat Sukses

Foto-foto menawan yang sering kamu jumpai baik itu di majalah fotografi atau di pameran online tentu menggugah hati para fotografer pemula. Fotografer pemula pasti ingin menghasilkan karya hebat seperti itu. Tenang saja, kamu juga pasti bisa kok menjadi seperti mereka karena para fotografer handal itu dulunya juga seorang pemula yang bekerja keras dan memiliki berbagai trik dan tips yang membuat mereka sukses. Mau tahu apa saja tips dan trik belajar fotografi? Simak baik-baik informasinya di bawah ini.

  1. Pilih Kamera yang Sesuai

Hal mendasar yang kadang kurang diperhatikan oleh para fotografer pemula adalah pembelian kamera. Ingat ya bahwa kata kamera itu merujuk pada sesuatu yang umum. Kamera mempunyai banyak sekali jenis dan tipe. Kamu seharusnya mengetahuinya terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu juga tidak perlu membeli kamera yang paling mahal dulu di awal-awal. Sebaliknya, mulailah dari kamera sederhana dahulu, pelajari sampai kamu mahir menggunakannya lalu tingkatkan kamera kamu.

  1. Tentukan Sasaran

Setelah memutuskan kamera apa yang ingin kamu gunakan sebagai media fotografi, selanjutnya tentukanlah sasaran kamera kamu. Kalau bisa, kamu juga harus menentukan sasaran berbarengan pada saat memilih kamera. Gali maksud dan tujuan utama kamu dalam mempelajari seni fotografi.

  1. Bergabung dengan Forum Fotografi

Fotografi telah sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu, kamu pasti bisa dengan mudah menemukan sebuah forum fotografi. Bergabunglah di sana, belajarlah untuk aktif di forum tersebut. Kamu bisa meminta sejumlah saran atau rekomendasi mengenai dunia fotografi. Bukankah ada pepatah yang mengatakan bahwa, “Surround yourself with people that have the same mission”.

  1. Belajar Melalui Senior

Belajar fotografi secara otodidak maupun tidak bukan berarti kamu harus sombong dengan mengabaikan para senior di bidangnya. Bagaimanapun juga, kamu perlu contoh, referensi dan motivasi. Belajar melalui senior ini bukan berarti kamu harus mengeluarkan uang lo karena tersedianya internet. Salah satu program yang paling pas untuk kamu adalah layanan bertajuk Academy dari Go Ahead. Di sini kamu bisa mengembangkan kreatifitas kamu bersama mentor-mentor secara langsung seperti Anton Ismael yang seorang fotografer komersial dan Yogi Kusuma yang seorang fotografer sekaligus digital imaging artist.

  1. Pelajari Exposure dan Komposisi

Exposure merupakan kombinasi dari tiga variabel utama yang mengontrol jumlah cahaya seperti shutter speed, aperture, dan film speed (ISO). Kamu perlu memahami cara kerja 3 variabel itu untuk menemukan cara memahami dasar-dasar exposure yang tepat. Kamu juga perlu mempelajari komposisi dari berbagai buku maupun website.

  1. Selalu Berjalan dengan Kamera

Seorang fotografer harus melihat jeli ke sekelilingnya. Jadi, pastikan kamu selalu membawa kamera bersamamu kemanapun kamu pergi. Pun dengan ide, kamu juga tidak akan pernah tahu kapan ide akan mendatangimu. So, jangan biarkan kameramu terlalu jauh darimu.

  1. Teruslah Memotret

“Experience is the best teacher!” Ya, tidak akan ada yang bisa mengalahkan hebatnya pengalaman dalam menempamu menjadi fotogrefer handal. Mereka yang ada di puncak adalah mereka yang tidak pernah berhenti. Banyak-banyaklah memotret. Learning by doing! Semakin banyak memotret, semakin meningkat kemampuan kamu di bidang ini.

Bagaimana? Sudah siap menjadi fotografer handal? Dengan melakukan semua tips belajar fotografi bagi pemula ini, maka mimpimu menjadi fotografer sukses bukan lagi hanya sebuah mimpi. Teruslah belajar sampai idolamu menjadi sainganmu. Salam!

Leave a reply "7 Tips Belajar Fotografi Bagi Pemula yang Membuat Sukses"